Arti Definisi Host Adalah? Apa Juga Pengertian-nya

Apa itu Arti, Pengertian, Definisi Host

Host adalah sebuah akses sistem komputer yang dilakukan pengguna yang biasanya bekerja di lokasi atau tempat yang jauh. Umumnya, istilah host ini digunakan apabila 2 sistem perangkat komputer yang terkoneksi oleh saluran telepon dan modem. Sebuah sistem mencakup data-data yang dinamakan host.

Sementara sistem yang diperlukan untuk mengakses koneksi dari jarak jauh umumnya disebut dengan nama remote terminal. Selain itu, host juga umumnya digunakan sebagai istilah yang menyebutkan sebuah komputer yang terkoneksi melalui jaringan internet, atau TCP/IP. Setiap host sendiri memiliki IP Address yang unik.

Arti Definisi Host Adalah? Apa itu Juga PengertianTak hanya itu, istilah lainnya untuk host adalah bisa merujuk ke dalam penyediaan infrastruktur pada layanan komputer. Hal ini berdasarkan dari ada beberapa perusahaan yang kini menjadi sebuah host web server. Di mana perusahaan tadi menyediakan berbagai software, hardware maupun jaringan komunikasi yang diperlukan server, sementara data server tersebut dikendalikan pihak lain.

Penyedia sebuah layanan internet biasa disebut juga dengan nama Internet Service Provider atau ISP. ISP ini sebagian besar memiliki jaringan server, modem dan router yang dihubungkan ke dalam koneksi yang memiliki istilah “backbone” internet dengan kecepatan tinggi secara permanen.

Pengguna atau user ISP sendiri bisa mendapatkan koneksi internet melalui telepon dan modem. Adapun, untuk mengakses layanan internet pengguna ISP ini perlu melakukan diel menuju jaringan dengan cara menekan tombol untuk nomor telepon yang ditentukan sesuai dengan kepemilikan nomor telepon ISP.

Dala arti lainnya, Hosting juga berasal dari kata host yang memiliki arti sebagai sebuah tempat untuk menyimpan file-file untuk pembangun website. Jika diumpamakan, domain merupakan alamat rumah, sedangkan hosting berupa tanahnya. Hosting juga biasanya dikenal dengan istilah web hosting atau web server pada dunia internet.

Ketika seseorang menyewa sebuah hosting, maka biasanya hanya disediakan ruangan yang kosong. Dengan demikian, penggunanya bisa bebas mengisi lahan atau ruangan tadi dengan apapun. Biasanya, setiap orang yang menyewa sebuah hosting akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file dengan kapasitas lebih besar, tentu hal ini bertujuan agar tak terlalu membebani harddisk pada komputer.

Untuk Anda yang masih pemula dalam dunia internet, khususnya ingin membuat sebuah website maka istilah-istilah seperti host, hosting, web hosting dan lain sebagainya masih begitu awam. Jika kita sudah memahami pengertian host yang sudah dijelaskan di atas, kini kita akan mempelajari pengertian web hosting.

Web hosting atau web host merupakan sebuah layanan tempat penyewaan hosting untuk menyimpan berbagai macam file maupun bentuk script dalam internet. Sehingga memungkinkan setiap orang maupun perusahaan tertentu untuk menampilkan produk ataupun jasa mereka di web. Bisa saja menampilkan sebuah situs di internet, seperti misalnya web pribadi, web portal dan lain sebagainya.

Web hosting juga bisa berarti sebagai sebuah tempat atau ruangan untuk menyimpan data/dokumen berbentuk file yang berukuran MB (Megabytes) sampai berukuran besar hingga TB (Terabytes) yang mempunyai koneksi internet sampai data yang terdapat pada web hosting tadi bisa diakses setiap pengguna internet hingga di seluruh penjuru dunia.

Sehingga menyebabkan sebuah situs web bisa diakses dengan bersamaan pada satu periode waktu tertentu. Sebenarnya, server dari web hosting memakai sebuah perangkat komputer biasa, hanya saja komputer yang digunakan sebagai web hosting memakai beberapa komponen yang memiliki jumlah kapasitas yang luar biasa dengan program dasar server hosting yang harus bisa online dalam jangka 24 jam di tiap harinya. Hal ini tentunya tanpa harus di lakukan refresh atau dimatikan dengan jangka waktu lama dibandingkan komputer pada umumnya.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.