Kenali 6 Karakteristik Template yang Baik bagi Blog Anda

Inilah 6 Karakteristik Themes yang Baik Untuk Blog

Kenali 6 Karakteristik Template yang Baik bagi Blog AndaSebuah blog yang menarik dapat datang dari perpaduan aneka komponen di dalamnya. Mulai dari konten artikel sampai desain template atau lay out blog, semuanya dapat mempengaruhi kualitas suatu blog.

Ya, blog memang tak hanya melulu soal konten artikel saja. Anda pun tak boleh melewatkan pentingnya desain template atau layout blog milik Anda. Template ini dapat mempengaruhi tampilan blog sehingga blog Anda dikatakan professional atau tidak.

Tampilan blog yang menarik pun juga bisa membuat para pengunjung blog Anda merasa betah berlama-lama di blog Anda. Bayangkan saja kalau Anda berkunjung ke suatu blog yang memang isinya menarik, tapi memiliki layout yang buruk, suram dan membuat Anda kesulitan untuk membaca kontennya, Anda tentu akan segera bergegas meninggalkannya.

Kemudian, Anda pun akan berlanjut untuk mencari informasi di blog lain dengan tampilan yang lebih sedap dipandang dan nyaman untuk dibaca. Maka dari itu, theme design atau layout adalah salah satu unsur krusial bagi sebuah blog.

Bahkan, banyak anggapan bahwa “If the content is King, then the design is the queen”. Layout inilah paling mempengaruhi first impression bagi para pengunjung blog Anda. Ketika first impression yang tercipta buruk, bisa jadi mereka segera pergi meninggalkan blog Anda.

Lantas, seperti apa template yang baik bagi sebuah blog? Ingatlah bahwa template yang baik tidak harus dipenuhi dengan gambar, pernak-pernik berlebih dan juga flash yang berat. Justru template yang sederhana namun mempunyai ciri khas bisa memberi daya tarik tersendiri bagi blog Anda.
Agar lebih jelas, simak beberapa karakteristik template yang baik bagi blog Anda berikut ini :

1. Navigation yang Jelas

Clear navigation atau navigasi yang jelas akan membuat blog Anda semakin nyaman untuk dijelajahi. Para pengunjung blog Anda akan dapat melihat keseluruhan blog dengan lebih jelas dan lebih mudah pula ketika mereka ingin mencari informasi yang dibutuhkan dari blog Anda.

2. Background yang Bersih dan Text Gelap

Clean background and dark text akan membantu pengunjung merasa nyaman dan mudah ketika membaca konten di blog Anda. Dengan demikian, para pengunjung juga bisam merasa betah di sana.

Kombinasi warna yang paling disarankan adalah background putih dengan teks hitam. Anda juga boleh menggunakan kombinasi warna lain asalkan tetap jelas dan tidak membuat pengunjung Anda sakit mata.

3. Font yang Pas

Pemilihan font yang pas adalah keharusan. Pilih font yang jelas, mudah dibaca dan dengan ukuran yang tepat. Jangan terlalu kecil dan jangan pula terlalu besar karena akan sulit dibaca. Selain itu, hindari pula pemilihan font yang rumit. Yang terpenting adalah kenyamanan saat dibaca.

4. Tanpa Blingky Images dan High Flash

Tampilan blog yang berlebihan, terlalu blink blink atau dengan flash yang tinggi justru harus Anda hindari. Tampilan seperti ini bukannya membuat blog Anda jadi lebih atraktif tapi malah membuat blog Anda jadi melambat dan terkesan tidak professional.

5. Hindari Jendela Pop Up

Ya, pop up window adalah kesan pertama yang paling mahir dalam membuat para pengunjung Anda malas dan jemu. Karena pop up window ini pun tampil pertama kali, bukan tidak mungkin para pengunjung langsung pergi ketika menemukan jendela pop up ini dan enggan datang lagi.

6. Sidebar yang informatif

Informative sidebar dapat membuat para pengunjung betah di blog Anda karena mereka bisa dengan mudah menemukan link-link yang berharga. Jadi, manfaatkanlah fungsi sidebar ini dengan maksimal. Buat sidebar yang jelas yang memuat kategori, recent post dan link penting lainnya secara pas.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.