Macam-Macam Perbedaan Blog dan Website

Banyak orang bertanya-tanya tentang perbedaan blog dan website, padahal kedua hal ini sering kita jumpai dan gunakan untuk aktivitas online yang kerap kali dimanfaatkan. Pada blog sendiri, biasanya berisi konten pribadi atau tentang profil pemilik blog itu sendiri. Umumnya, blog berisi tentang pengalaman pribadi atau aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Perbedaan Blog dan WebsitePemilik blog juga sering kali menuliskan tentang pekerjaan ataupun hobi mereka. Sebenarnya, blog sendiri berasal dari singkatan Web log dengan aplikasi web berbentuk postingan tulisan. Adapun tulisan yang dimuat pada blog biasanya diurutkan dari yang terbaru hina terlama.

Blog sendiri umumnya bisa diakses setiap user berdasarkan tujuan dan topik user tersebut. Penulis blog umumnya dikenal dengan nama blogger. Blog bias diupdate setiap waktu, setiap hari hingga bulanan sesuai pemiliknya.

Blog yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, ada yang berupa tulisan-tulisan yang sifatnya pribadi seperti hobi dan ada juga blog yang berisi kumpulan dari jurnal-jurnal ilmiah yang ditulis oleh si penulis blog. Dalam membuat blog, ada banyak penyedia jasa pembuat blog secara gratis.

Sebelum kita berbicara tentang perbedaan blog dan website, kita pahami dulu arti keduanya. Setelah membahas sedikit banyak tentang blog, kini saatnya saya membahas tentang situs web. Apa itu situs web? Ya, website atau situs yang berupa sekumpulan halaman, yang di dalamnya terdapat video, gambar yang saling berhubungan. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya? Mari kita simak ulasan-ulasan di bawah ini.

1. Menurut Pengertiannya

Blog merupakan sebuah situs yang dibuat sesuai kebutuhan pemilik blog, yakni untuk tulis menulis. Umumnya, blog dikelola oleh individu atau perseorangan. Berbeda halnya dengan website yang berarti kumpulan halaman situs yang biasanya dibuat oleh lebih dari satu orang. Website sendiri cenderung digunakan sebagai media informasi dan komunikasi melalui internet dengan cakupan yang lebih detail dan profesional.

2. Menurut Tujuannya

Kebanyakan seseorang membuat blog untuk kebutuhan pribadi saja, sehingga isi atau konten blog sering kali berupa tulisan atau profil pemilik blog itu sendiri. Blog lebih bersifat seperti diary online bagi pemiliknya. Namun, dengan kebutuhan bisnis online yang semakin menjamur kini blog sudah mulai digunakan untuk keperluan berjualan secara online.

Akan tetapi, biasanya anggapan situs jual beli lewat blog biasanya sering dipandang sebelah mata. Karena pembuatan blog tidak memerlukan biaya sepeser pun alias gratis, banyak orang yang meragukan toko online dari blog ini.

Berbeda halnya dengan website yang memang bersifat lebih global untuk kebutuhan yang sifatnya komersial, mulai dari profil perusahaan hingga toko online. Rata-rata untuk membuat website membutuhkan biaya terutama dalam pembelian nama domain.

3. Menurut Kemudahannya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dimana blog lebih praktis dan mudah untuk digunakan ketimbang website. Dimana, Anda cukup hanya mendaftar saja lalu langsung bisa memanfaatkan layanan blogging dengan gratis tanpa ada tambahan biaya. Selain itu, fitur yang dimilikinya tergolong lebih simpel.

Sehingga blog juga lebih mudah digunakan dan dibuat oleh pemula. Berbeda halnya dengan website yang lebih kompleks, dengan konten yang beragam. Selain itu, fitur-fitur website juga lebih banyak sehingga ketika membuatnya Anda harus benar-benar memahami unsur-unsur atau komponen website yang terdapat di dalamnya.

4. Menurut Segi Desain

Bagi Anda yang sering menggunakan layanan blog, tentu Anda sudah familiar dengan desain template blog yang tidak begitu banyak dan terbilang biasa saja. Berbeda halnya dengan desain template pada website yang tergolong lebih menarik dan lebih profesional. Selain itu, desain template website antara situs yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

Nah, itulah beberapa macam perbedaan blog dan website yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.