Pengen Artikel Blog Kamu Menjadi Viral di Media Sosial? Baca 5 Tips Ini

5 Tips Praktis agar Artikel Blog Anda Menjadi Viral di Media Sosial

Pengen Artikel Blog Kamu Menjadi Viral di Media Sosial? Baca 5 Tips IniSiapa yang tak setuju kalau pesatnya perkembangan media sosial tak bisa dipisahkan dari aktivitas blogging. Media sosial yang semakin ramai dengan aktivitas para pengguna ini ternyata sering juga dimanfaatkan oleh para blogger guna mempopulerkan blog mereka.

Sebagai salah satu usaha untuk mempopulerkan konten blognya, maka banyak blogger yang berusaha keras untuk membuat artikelnya banyak dilihat oleh para pengguna media sosial. Tentu saja bila artikel blog Anda menjadi viral atau tersebar dengan luas dan populer di media sosia, maka blog Anda pun juga akan banyak dikenal orang.

Nah, bagi Anda yang juga ingin agar artikel blog menjadi viral di media sosial, cobalah beberapa tips praktis berikut ini.

1. Sajikan Konten yang Orisinil

Menulis artikel orisinil bisa menjadi salah satu langkah praktis untuk menarik perhatian. Artikel yang orisinil atau tidak sekedar copy-paste (copas) berpotensi untuk membuat para netizen tertarik membacanya dan bila mereka merasa bacaan tersebut bermanfaat, maka mereka pun akan menyebarkannya.

Akan tetapi, bila artikel Anda adalah hasil copas, mereka mungkin saja telah mengetahui konten dari artikel tersebut. Artikel yang sudah diketahui banyak orang tentu membuat mereka malas untuk membagikannya lagi di media sosial.

Alhasil, konten yang tidak orisinal hanya akan mendapat penolakan dari netizen. Ya, membuat konten artikel dari hasil copas bahkan akan sangat mudah ketahuan mengingat banyaknya pengguna netizen yang sering aktif pula dalam berselancar mencari informasi di blog atau website.

2. Sajikan dengan Judul yang Menarik

Judul menjadi bagian terpenting dalam sebuah blog. Judul inilah yang bertugas pertama kali untuk menarik perhatian sehingga membuat orang yang membaca judulnya tertarik untuk menggali informasi lebih di dalam artikelnya.

Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali netizen yang melakukan share artikel hanya dengan melihat judul suatu artikel yang dianggapnya menarik. Tidak setiap dari mereka membaca isi artikel tersebut dengan menyeluruh. Ketika judulnya tampak menarik, mereka seringkali membagikannya meski hanya baru membaca sekilas saja.

Hal ini tentu akan jadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang mahir membuat judul blog yang menarik. Tapi, tentu saja judul ini tetap harus sesuai dengan tema dan isi artikel. Jangan sampai Anda membuat judul menarik dengan konten yang sama sekali tidak berhubungan dengan konten artikel.

3. Buat Konten yang Mampu Memancing Emosi Pembaca

Sekali lagi, judul dan isi artikel adalah hal yang tak boleh dipisahkan. Konten artikel yang menarik akan sangat berpotensi untuk membuat pembaca blog menjadikannya viral dimedia sosial. Umumnya, konten yang paling bisa menarik perhatian pembaca adalah kotnen yang mampu memancing emosi pembaca.

Konten yang mampu memancing emosi artinya tak hanya sekedar bermanfaat saja, tapi konten ini pun dapat mempengaruhi emosi dan mengena di hati serta pikirannya. Untuk dapat membuat konten demikian, cobalah untuk memposisikan diri sebagai pembaca ketika Anda menuliskannya.

4. Ajak Pembaca untuk Membagikan Artikel Kita

Anda tak perlu ragu untuk mengajak para pembaca Anda membagikan artikel ke media sosial mereka. Jangan mengartikan ajakan ini sebagai sebuah pemaksaan, malainkan sebuah penawaran agar manfaat artikel bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Untuk mengajak pembaca blog Anda membagikan artikel, Anda bisa menuliskannya di bagian akhir artikel. Misalnya saja dengan kalimat seperti “Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Agar teman lain bisa mengetahui info ini, jangan lupa dishare ya.”

5. Bagikan pada Waktu yang Tepat

Timming atau momentum alias ketepatan waktu juga jadi hal penting. Memposting artikel ketika banyak netizen sedang online akan berpotensi menjadikannya viral. Biasanya, netizen akan ramai ketika jam istirahat makan siang, dan ketika malam hari di jam 8 sampai jam 11, serta jam pagi ketika bangun tidur.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.